Thursday, July 11, 2013

Craft Paper Kerajinan Tangan dari Kertas

Ebook Craft | Kerajinan tangan dari kertas adalah suatu kerajinan tangan yang dibuat oleh manusia dengan menggunakan kertas. Ada berbagai macam kertas diantaranya adalah kertas folio, kertas karton, kertas Koran, kertas minyak dan lain sebagainya.

Kertas folio atau kertas buku biasa digunakan oleh anak-anak untuk membuat mainan pasawat, kapal, perahu dan sebagainya itu pun merupakan suatu kerajinan tangan. Kertas sangat mudah didapatkan dan sangat mudah ditemukan dan sebenarnya kita mulai dari sejak kecil dulu sudah dikenalkan kepada kerajinan kertas ini. Walaupun kerajinan ini sangatlah sederhana sekali.

Keratas karton biasa digunakan untuk menggambar, kertas ini berukuran agak besar dan cukup tebal. Kertas ini juga sangat mudah untuk kita temukan banyak toko yang menjual kertas ini. Selain untuk menggambar biasanya seseorang juga memanfaatkannya untuk membuat kerajinan seperti terompet ataupun topi ulang tahun anak yang kemudian untuk dijual karna kertas ini memiliki ketebalan dan tidak mudah rusak. Demikian sedikit pembahasan kami tentang kertas folio atau buku dan kertas karton.

Dan tidak hanya itu kami juga akan kembali memberikan anda tips craft paper atau kerajinan tangan dari kertas. Kali ini kami akan membahas tentang tata cara membuat lukisan dengan menggunakan bahan dari kertas koran bekas. Dalam hal ini yang harus anda persiapkan adalah alat dan bahannya yaitu pastinya sejumlah koran bekas, air, lem, kayu, papan kayu, kaca dan cat air.

- Koran bekas adalah bahan utama yang kita butuhkan untuk membuat kerajinan tangan ini. Kertas koran bisa kita dapatkan dari membeli koran bekas atau bisa anda dapat dirumah jika anda berlangganan koran dan koran tersebut yang sudah tidak terpakai lagi anda bisa pergunakan dan memanfaatkan itu sebagai media utamanya. Membuat kerajinan ini akan sedikit membantu meringkas atau merapikan rumah anda dari barang-barang yang sudah tidak terpakai.

- Air – bahan ini yang nantinya akan dipergunakan untuk membasahi atau merandam kertas koran agar menjadi lunak.

- Lem – bahan ini untuk merekatkan bahan-bahan diatas agar bisa menempel ditempat lukisan yang sudah disediakan dibawah ini.

- Kayu dan papan kayu yakni bahan dasar untuk mebuat pigura.

- Kaca – untuk menutup pigura agar terlihat lebih cantik dan sempurna.

- Cat air – untuk memberikan warna pada media agar lukisan terlihat lebih hidup dan fresh.

Cara membutanya adalah langkah pertama yaitu rendam kertas koran kedalam air kemudian remas hingga koran menggumpal dan lunak. Kedua, jika sudah lunak sekarang campurkan lem dan kemudian warnai dengan cat air sesuai warna yang dibutuhkan dan langkah yang terakhir adalah mulai melukis diatas media papan kayu atau pigura yang sudah dibuat. Ambil koran yang telah dihancurkan dan direndam tadi yang sudah bercampur dengan lem dan warna sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan melukis dengan menempatkan ke pigura.

Nah, jika sudah selesai melukis atau menempel ke pigura sesuai dengan gambar yang anda inginkan jemur hingga kering dan tutuplah pigura tersebut dengan kaca dan sekarang kerajinan tangan telah siap digunakan dan dipasang ditempat yang anda mau. Demikian tutorial dari kami semoga bermanfaat bagi anda semua.

No comments:

Post a Comment